Apa Sih, Perbedaan Photoshop CS dan Photoshop CC ?

Apa Sih, Perbedaan Photoshop CS dan Photoshop CC ?

Apa Sih, Perbedaan Photoshop CS dan Photoshop CC ? - Halo teman - teman, untuk kamu yang baru saja terjun di dunia grafis atau bahkan orang yang sudah berkecimpung di dunia desain grafis pasti Photoshop bukanlah software yang asing lagi kan. Akan tetapi, apakah kamu tahu bahwa photoshop memiliki dua versi, yaitu CS dan CC?

Adobe Photoshop CS atau singkatan dari Adobe Photoshop Creative Suite. Sedangkan pada Adobe Photoshop CC merupakan singkatan dari Adobe Photoshop Creative Cloud. Meskipun sama - sama dari Adobe, kalian tau gak sih ? Perbedaan dari CS dan CC ini, buat kamu bingung dan penasaran mengenai perbedaan Adobe Photoshop CS dan Adobe Photoshop CC, simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga :
6 Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog Seperti Kilat

1. Lisensi Adobe Photoshop CS dan Adobe Photoshop CC.

Ternyata perbedaan mendasar terletak pada lisensinya, baik CS maupun CC memiliki sistem lisensi yang berbeda saat kamu membelinya secara resmi. Untuk Adobe Photoshop CS, lisensi yang diberikan dapat digunakan seumur hidup. Artinya, saat kamu membeli software ini, kamu dapat menggunakannya tanpa batas lisensi dan dapat digunakan maksimal dua komputer, laptop dan PC kantor.

Berbeda dengan Adobe Photoshop CC, lisensi yang diberikan memiliki jangka waktu tertentu atau bisa disebut dengan sistem sewa. Lisensi yang diberikan sangat bergantung pada jenis photoshop yang digunakan yakni bisnis, desain, serta untuk pendidikan. Ada jangka waktu yang membatasi. Ada yang hanya empat bulan, enam bulan, atau satu tahun. Ketikan lisensinya habis, maka kamu harus melakukan perpanjangan lagi dengan membayar uang tertentu, jika tidak maka aplikasi tidak bisa diapakai lagi.

2. Installasi Abode Photoshop CS dan Adobe Photoshop CC.

Baca Juga :
Download Gratis Template Blog Mocca Premium Responsive

Adobe Photoshop CS, masih menggunakan instalasi secara manual layaknya software pada umumnya yang dipasang di Harddisk. Maka dari itu, spesifikasi komputer yang disarankan harus bisa menjalankan Adobe Photoshop CS ini dan setiap komputer pengguna harus terpasang aplikasi yang hendak dipakai. Semisal, kamu menggunakan Adobe Photoshop CS untuk membuat desain, maka pada komputer kantor, software ini sudah pasti harus ada. Untuk memudahkan proses lembur yang sewaktu-waktu dibutuhkan, Kamu wajib menyediakan software Adobe Photoshop di laptop pribadi. Akhirnya satu aplikasi terpasang di dua perangkat keras, sehingga tidak lagi efisien dalam pemakaian.

Sedangkan untuk Adobe Photoshop CC lebih unggul karena kamu tidak tidak harus instal softwarenya di setiap komputer maupun laptop pengguna. Jika anda sudah mempunyai lisensi cukup masuk ke halaman website Adobe Creative Cloud dan anda dapat menggunakannya secara langsung dan anda bisa melakukan pengaturan siapa saja yang boleh menggunakan Adobe Photoshop CC ini, dengan begitu software ini tidak bisa dipakai oleh sembarangan orang.

3. Penyimpanan Data Adobe Photohop CS dan Adobe Photoshop CC.

Karena Adobe Photoshop CS menggunakan memori Harddisk, maka Adobe Photoshop CS hanya dapat menggunakan memori internal yang ada dalam komputer dan laptop. Jika kapasitas memori hardisk yang digunakan sangat besar, maka semakin baik dalam menyimpan data-data yang dihasilkan dari Adobe Photoshop CS. Untuk masalah pertukaran data, Adobe Photoshop CS masih menggunakan alat pendukung seperti flashdisk, harddisk eksternal, ataupun email. Hal itu tidak praktis dan dapat memenuhi memori perangkat penyimpanan.

Sedangkan untuk Adobe Photoshop CC, semua aktivitas sangat bergantung dengan jaringan internet. Adobe menyediakan media penyimpanan hingga 20GB pada cloud storage. Data sebesar itu cukup untuk menyimpan hasil kerja menggunakan Photoshop CC. Selama itu terpenuhi, maka kamu bisa mengakses data kapanpun dan di mana saja. Serta jika ingin dikerjakan oleh teman lain, kamu hanya tinggal kasih akses izin untuk memakainnya dan temanmu memiliki akses internet yang memadai.

4. Fitur Bawaan Adobe Photohop CS dan Adobe Photoshop CC.

Baik itu Adobe Photoshop CS dan CC memiliki fitur-fitur pendukung yang bisa anda gunakan untuk mengedit sebuah foto atau gambar. Hanya saja, baik itu Adobe Photoshop CS maupun CC memiliki perbedaan pada bagian fitur. Jika kita melihat dari sisi kelengkapan, Adobe Photoshop CC memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan versi CS.

Pada Adobe Photoshop CC, terdapat sebuah panel untuk melakukan editing pada bagian shape. Hal ini mampu membantu pengguna untuk memaksimalkan hasil edit foto menjadi lebih baik. Selain itu, pada Adobe Photoshop CC, terdapat multipath, seleksi shape, dan juga smart sharpen yag jauh lebih unggul dibandingkan versi CS.

Pencarian Terkait :

  • Adobe CS dan CC
  • Perbedaan Photoshop CS6 dan CC
  • Photoshop CS6 vs CC
  • Perbedaan Adobe Photoshop CS6 vs CC
  • Adobe CS6 vs CC
  • Lebih bagus photoshop cc atau cs

0 Comments

Post a Comment