6 Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog Seperti Kilat

6 Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog Seperti Kilat

cara mempercepat loading blog
6 Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog Seperti Kilat – Agar blog dapat cepat berkembang salah satu caranya adalah mempunyai website / blog dengan performa dan kecepatan loading yang baik. Kecepatan loading suatu website dianggap hal penting karena kecepatan loading suatu website dapat meningkatkan jumlah pengunjung website. Pengunjung website tidak akan merasa nyaman jika suatu website performanya buruk dan sangat lelet, karena selain menyedot kuota, banyak waktu akan terbuang.


Situs blog yang loadingnya sangat lambat kemungkinan besar tidak akan masuk On Page Google. Sebab secara otomatis pengunjung blog akan segera meninggalkan website atau blog tersebut dan beralih ke lainnya.

Apakah kalian mau jika blog atau website kalian sepi pengunjung? Pastinya tidak mau. Ada banyak cara untuk meningkatkan kecepatan loading dan performa blog atau website. Pada artikel kali ini saya akan berbagi beberapa cara ampuh untuk mepercepat loading blog. Langsung saja kalian dapat mengikuti langkah-langkah di bawah.

6 Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog Seperti Kilat

  1. Hapus Semua Widget yang Tidak Diperlukan

  2. Cek widget yang kalian gunakan pada blog kalian. Untuk pengguna Blogger caranya adalah buka Blogger  Tata Letak. Hapus semua widget kecuali widget popular Post, kategori, dan arsip blog. Menurut saya hanya tiga widget itu yang diperlukan Perlu kalian ketahui widget juga berpengaruh pada kecepatan loading blog kalian. Semakin banyak widget yang dipasang maka semakin lama pula loading suatu blog karena perlu waktu untuk menampilkan semua widget. Berikut hasil kecepatan blog menggunakan PageSpeed Insights dari penerapan penggunaan widget seperlinya :
    cara mempercepat loading blog
    Gambar di atas menunjukan tampilan blog di seluler sebelum widget dikurangi.
    cara mempercepat loading blog
    Gambar di atas menunjukan tampilan blog di seluler setelah widget dikurangi. Bisa diambil kesimpulan terdapat peningkatan yang lumayan tinggi dari penggunaan widget seperlunya saja.
    Baca juga:
    10 Format Ukuran Iklan Adsense Terbaik Berpenghasilan Tinggi
  1. Menonaktifkan Widget Navbar

  2. Ternyata Navbar pada blog kalian juga akan mempengaruhi loading kcepatan blog kalian. Sebenarnya Navbar tidak begitu dibutuhkan di blog kita. Alangkah baiknya jika kita menghilangkan Navbar pada blog. Cara menghapus Widget Navbar pada Blogger yaitu : Masuk BloggerTata LetakKlik Widget Navbarpilih OffSelesai.
  3. Hapus Script yang Tidak Terpakai

  4. Script-script yang tidak terpakai dalam template blog hanya akan memperlambat loading blog kalian. Maka dari itu sebaiknya kalian menghapus script-script yang tidak terpakai itu. Secara otomatis ukuran template blog kalian akan menjadi lebih kecil dari sebelumnya, sehingga hal tersebut dapat berpengaruh pada kecepatan loading blog yang semakin meningkat. Untuk mengecek ukuran template blog bagi yang menggunakan Blogger caranya pilih Tema  Backup / Pulihkan  Download Tema, kemudian lihat ukuran file dari template kalian yang telah didownload. Kalian dapat menghapus semua kode di bawah dari template kalian
    <b:include name="’quickedit’/"></b:include>
  5. Optimasi Ukuran Gambar

  6. Jika kalian sering menggunakan gambar dengan ukuran 1MB, 2MB, atau lebih pada setiap membuat postingan baru, itulah salah satu penyebab lambatnya loading blog atau website kalian. Saran saya sebaiknya jika kalian ingin menambahkan gambar ukurannya maksimal 50Kb saja. Jika gambar kalian berukuran lebih dari 50Kb sebaiknya kalian memperkecil ukuran gambar tersebut. Untuk memperkecil gambar kalian bisa kunjungi situs Compressjpeg.
  7. Gunakan Leverage Browser Caching

  8. Leverage Browser Caching merupakan cara agar ketika ada yang mengunjungi blog atau website kalian untuk yang kedua kalinya atau lebih, mereka tidak perlu mendownload ulang blog atau website kalian. Sehingga blog atau website kalian dapat dimuat lebih cepat daripada waktu pertama kali mereka mengunjungi blog kalian. Bagaimana cara memasang Leverage Browser Caching di Blogger ? Cara memasang Leverage Browser Caching di Blogger tidaklah sulit, yaitu : Pilih Tema > Edit HTML > letakkan kode di bawah ini tepat di bawah kode <head> Klik Simpan.
    <include expiration="7d" path="*.css"><include expiration="7d" path="*.js"><include expiration="3d" path="*.gif"><include expiration="3d" path="*.jpeg"><include expiration="3d" path="*.jpg"><include expiration="3d" path="*.png"></include></include></include></include></include></include>
  9. Compress atau Minify File Javascript dan CSS Template Blog

  10. Jika blog atau website kalian terdapat banyak Javascript dan CSS, kemungkinan besar browser pengunjung akan memuat satu persatu file Javascript dan CSS yang terdapat di blog kalian. Sehingga kecepatan loading websit kalian menjadi lambat. Bagaimana cara mengkompres atau minify file Javascript dan CSS pada blog? Solusinya adalah kalian dapat mengikuti langkah-langkah di bawah.
    • Pilih Tema. Sebaiknya kalian mem backup template kalian terlebih dahulu, karena jika terjadi error template kalian dapat dipulihkan.
    • Pilih Edit HTML, kemudian copy semua kode.
    • Buka tab baru pada browser, kemudian kunjungi situs untuk me-minify file Javascript dan CSS, seperti Minifier, Javascript-Minifier
    • Pastekan kode yang telah kalian copy tadi, kemudian klik Minify Code, lalu copy hasil kode yang telah di minify.
    • Kembali ke Blogger (Edit HTML), hapus semua kode, lalu pastekan kode yang telah di minify tadi.
    • Klik Simpan.
    Setelah kalian me-minify file Javascript dan CSS yang ada blog kalian silahkan cek kecepatan loading blog kalian di PageSpeed Insights atau yang lainnya. Kecepatan loading blog kalian akan meningkat.
  11. Gunakan Template Blog yang Premium atau Original

  12. Untuk para Blogger template atau tema blog menjadi hal yang penting. Pengunjung akan merasa nyaman singgah di blog kita jika template kita tidak terlalu ramai dengan gambar-gambar tidak penting, tulisan-tulisan berjalan seperti selamat datang, welcome, dan sebagainya. Perlu dipertimbangkan pemilihan template atau tema suatu blog harus memiliki kombinasi warna background dasar maupun background tulisan dan warna tulisan haruslah sesuai serta enak dipandang, tidak terlalu mencolok, dan gunakan warna seminimalis mungkin. Saran saya lebih baik mencari template blog dengan warna dasar putih dengan tulisan berwarna gelap. Banyak situs penyedia template blog versi gratis dan premium. Apa perbedaan template blog versi gratis dengan versi premium? Template blog versi gratis dengan versi premium sangatlah berbeda. Tidak semua fitur template premium tersedia di template gratisan. Template blog yang premium sangat berpengaruh pada kecepatan loading blog. Pengalaman saya saat beralih ke template yang versi premium, pengunjung blog saya meningkat hingga 150%. Sungguh peningkatan yang drastis bukan? Maka dari itu kalian para blogger yang masih menggunakan template gratis atau free sebaiknya beralihlah ke template versi premium. Bagaimana cara mengetahui template blog kita versi gratis atau premium? Caranya sangatlah mudah. Bagi pengguna blogger caranya pilih Tema  Edit HTML   Klik CTRL+F  tuliskan kata License. Jika ada tulisan Premium maka template yang kalian gunakan adalah versi premium atau original tapi jika ada tulisan This free Blogger template is licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 License, which permits both personal and commercial use. maka template kalian adalah versi gratis.
Masalahnya adalah untuk mendapatkan template versi premium kalian harus membelinya. Tetapi jika kalian ingin mendapatkan template blog versi premium secara cuma-cuma atau gratis, kunjungi link di bawah ini :

Demikian artikel mengenai 6 Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog Secepat Kilat semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa jika ada peningkatan dengan blog kalian setelah mempraktekan 6 Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog Secepat Kilat, share ke teman-teman kalian yang membutuhkan. SALAM BLOGGER .....!!!
    Pencarian terkait :
  • Cara Mempercepat Loading Blog atau Website
  • Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Blog atau Website
  • Cara Agar Blog Menjadi Ringan dan Cepat
  • Cara Menambah Pengunjung Blog atau Website

0 Comments

Post a Comment