Memahami Pengertian, Jenis-Jenis, dan Fungsi BIOS (Basic Input Output System) dan CMOS

Belajar Mengenal BIOS (Basic Input Output System) & CMOS - Pengertian BIOS adalah suatu software (ditulis dalam bahasa assembly) yang mengatur fungsi dasar dari perangkat keras (hardware) komputer. Letak BIOS sendiri yaitu tertanam di dalam sebuah chip memory pada komputer. Sedangkan CMOS adalah sebuah baterai yang terpasang pada motherboard . Baterai CMOS dalam komputer berfungsi untuk menjaga konfigurasi tanggal dan settingan atau pengaturan lainnya yang telah diatur pada BIOS supaya tidak hilang atau kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer dimatikan.


Basic Input Output System (BIOS)

Apa Fungsi BIOS (Basic Input Output System)?

BIOS memiliki berbagai fungsi untuk menjalankan sebuah komputer, adapun fungsi utama BIOS adalah memberikan instruksi yang disebut dengan istilah POST (Power On Self Test). POST (Power On Self Test) adalah perintah untuk mengidentifikasi dan menganalisis perangkat keras sistem yang terpasang pada komputer, seperti RAM, CPU, Keyboard dan Mouse, VGA Card, Optical (CD/DVD) drive, Hardisk drive dan hardware lainnya pada saat komputer memulai proses booting.
Artikel terkait:

Selain itu BIOS (Basic Input Output System) juga berfungsi sebagai konfigurasi sistem komputer saat pertama kali dijalankan, berikut ini adalah hal-hal yang dilakukan oleh BIOS antara lain :

  1. Penyalaan (inisialisasi) serta pengujian terhadap hardware atau perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan POST (Power On Self Test)).
  2. Memuat dan menjalankan sistem operasi (OS)
  3. BIOS mengatur konfigurasi-konfigurasi dasar dalam komputer, antara lain konfigurasi tanggal, waktu, kinerja, konfigurasi proses booting, konfigurasi media penyimpanan, dan kestabilan komputer.
  4. Membantu sistem operasi (OS) dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.

Bagaimana Cara Masuk ke Menu BIOS (Basic Input Output System)?

Cara akses atau masuk ke BIOS di sebagian tipe komputer tidaklah sama, akan tetapi sebagian besar tipe komputer mempunyai kesamaan yaitu pada umumnya kalian dapat masuk ke menu BIOS dengan cara segera tekan tombol Delete atau F2 pada keyboard secara berulang-ulang ketika komputer pertama kali dinyalakan. Sebagai contoh akan terdapat tulisan misalnya “Pres F2 to enter setup” saat komputer dinyalakan, berarti untuk masuk BIOS langsung saja kalian tekan tombol F2 berulang-ulang.

Macam-Macam BIOS :

1. AMI (American Megatrends Inc.) BIOS

gambar-ami-bios
AMI BIOS adalah BIOS yang dikembangkan dan dijual oleh Megatrends Amerika. American Megatrends adalah satu-satu pihak ketiga produsen BIOS motherboard juga memproduksi sendiri, meskipun dalam volume yang relatif kecil. AMI BIOS adalah BIOS firmware yang paling populer untuk PC di tahun 2002.

2.Award BIOS

gambar-award-BIOS
Award BIOS adalah saudara kembar dari Phoenix BIOS, sebab sistem di dalam Award BIOS ini hampir memiliki kesamaan dengan sistem dari Phoenix BIOS.

3. Phoenix

phoenix-bios
Phoenix merupakan salah satu BIOS yang didigunakan di Indonesia. Produk Phoenix biasa disebut sebagai firmware atau BIOS (Basic Input / Output System). Phoenix BIOS mendukung dan mengaktifkan kompatibilitas, konektivitas, keamanan dan pengelolaan berbagai komponen dan teknologi yang digunakan dalam perangkat tersebut. IBM dan Phoenix Technologies mengembangkan El Torito standar.

4. Insyde H2O

insyde-h20-bios
Insyde H2O adalah jenis BIOS yang paling simple, tidak terlalu berat, namun fitur yang dimiliki Insyde H2O BIOS tidak sebanyak fitur dari Phoenix BIOS atau Award BIOS, sehingga BIOS ini sering digunakan pada laptop.

5. Gigabyte

tfdhyjyutgj
Gigabyte BIOS ini adalah BIOS tercanggih dan terbaru, dibuat oleh pabrikan motherboard, yaitu Gigabyte. Gigabyte BIOS memungkinkan kalian untuk mengkonfigurasi BIOS dengan menggunakan mouse.

CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor)

kkkjughhg

Apa Itu CMOS?

CMOS merupakan kependekan dari Compelementary Metal Oxide Semiconductor. Pengertian CMOS adalah sebuah perangkat kecil atau baterai yang ditanamkan dalam sebuah mainboard atau motherboard. CMOS merupakan perluasan dari teknologi MOS yang menghasilkan IC dengan kebutuhan tenaga baterai rendah. Penggunaan baterai CMOS tidak hanya pada komputer saja, akan tetapi CMOS juga digunakan pada perangkat-perangkat elektronik lainya seperti , alat hitung atau kalkulator, handphone, kamus digital, dan lain-lain. CMOS atau biasa juga disebut dengan “CMOS RAM” adalah sebuah baterai yang digunakan oleh BIOS agar tetap aktif walaupun tanpa aliran listrik.

Pada setiap motherboard atau mainboard, terdapat satu baterai CMOS yang terpasang ditempatnya. Baterai CMOS memiliki ciri-ciri antara lain: berbentuk bulat pipih, sama seperti baterai yang digunakan pada alat hitung ataupun jam tangan, lebih spesifiknya CMOS pada komputer adalah RAM kecil berukuran 64 byte yang mampu menyimpan pengaturan BIOS saat komputer sedang dimatikan.

Apa Fungsi CMOS dalam Komputer?

Dalam komputer baterai CMOS memiliki fungsi utama CMOS untuk menyimpan massa komputer atau pengaturan waktu (time setting) dan untuk menyimpan pengaturan BIOS atau BIOS Setting. Baterai CMOS bisa digunakan sampai lebih dari 5 tahun sebab tenaga yang diambil komputer dari baterai CMOS sangatlah kecil. Apabila tenaga beterai CMOS telah habis atau sengaja diputuskan maka akan terjadi gagalnya penyimpanan konfigurasi sehingga mengakibatkan pengaturan konfigurasi akan kembali ke konfigurasi awal pabrik. Misalnya: konfigurasi tanggal komputer kembali ke tahun 90an.

0 Comments

Post a Comment