Cara Membuat Meja di OpenGL Visual Studio C++

Cara Membuat Meja di OpenGL Visual Studio C++


membuat meja di OpenGL Visual Studio c++


Cara Membuat Meja di OpenGL C++ Visual Studio - OpenGL (Open Graphics Library) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang berada di lintas API yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi grafis komputer 2 dimensi atau 3 dimensi.

Bahasa OpenGL dapat berjalan di sistem operasi Windows, Linux, dan sebagainya. Karena OpenGL hanya dapat berjalan di satu platform saja, maka terciptalah GLUT yang merupakan pengembangan dari OpenGL.

Sahabat BlogMSR kesempatan kali ini saya akan berbagi sebuah syntak atau cara untuk membuat sebuah objek berupa meja dengan bahasa OpenGL menggunakan Visual Studio C++. Langsung saja berikut syntaks-nya saya bagi menjadi bagian silahkan copy-paste menjadi satu bagian:



#include<glut.h>

#include<math.h>



typedef struct {

float x,y;

} point2D_t;

typedef struct {

int r,g,b;

} color_t;

void setColor ( color_t col )

{ glColor3f(col.r, col.g, col.b); }

void fillPolygon (point2D_t pnt[], int n, color_t color)

{

int i;

setColor(color);

glBegin(GL_POLYGON);

for (i=0; i<n; ++i)

{

glVertex2f(pnt[i].x, pnt[i].y);

}

glEnd();

}



void drawPolygon(point2D_t pnt[], int n)

{

int i;

glBegin(GL_POLYGON);

for(i=0; i<n; i++)

glVertex2f(pnt[i].x, pnt[i].y);

glEnd();

}


Lanjutan :

void userdraw()

{

static int tic = 0;



//warna

color_t bluemuda ={0,1,1};

color_t biru ={0,0,1};

color_t merah ={1,0,0};

//warna



point2D_t //Atas

//{kiridepan}{kiriatas}{kananatas}{kanandepan}

mejaku[4]={{220,30},{264,110},{400,110},{360,30}};

fillPolygon(mejaku,4, bluemuda);

drawPolygon(mejaku,4);



point2D_t //Kaki-Kaki

frontkiri[4]={{220,-30}, {220,30}, {230,30}, {230,-30}};

fillPolygon(frontkiri,4, biru);

drawPolygon(frontkiri,4);



point2D_t

frontkanan[4]={{350,-30},{350,30},{360,30},{360,-30}};

fillPolygon(frontkanan,4, biru);

drawPolygon(frontkanan,4);



point2D_t

behindkiri[4]={{260,0},{260,30},{270,30},{270,00}};

fillPolygon(behindkiri,4, merah);

drawPolygon(behindkiri,4);



point2D_t

behindkanan[4]={{390,0},{390,90},{400,110},{400,0}};

fillPolygon(behindkanan,4, merah);

drawPolygon(behindkanan,4);

}



void display(void)

{

glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);

userdraw();

glutSwapBuffers(); }

int main(int argc, char **argv) {

glutInit(&argc,argv);//Inisialisasi Toolkit

glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE|GLUT_RGB);

glutInitWindowPosition(100,200);

glutInitWindowSize(640,480);

glutCreateWindow("MAHFUDZ SYAHRU ROMADHON");

glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0);

gluOrtho2D(0.,640.,-240.,240.);

glutIdleFunc(display);

glutDisplayFunc(display);

glutMainLoop();

return 0;

}



Berikut hasilnya :




Baiklah Sahabat BlogMSR mungkin itu tadi contoh obejek meja yang dapat dibuat di Visual Studio C++ dengan menggunakan Bahasa Pemrograman OpenGL.

Sampai di sini dulu pertemuan kita, bila artikel ini bermanfaat kalian bisa share ke teman-teman kalian, bila ada kekurangan bisa tinggalkan komentar di bawah agar saya dapat mengetahui kekurangan saya dan selanjutnya memperbaikinya.

0 Comments

Post a Comment