Waspada! 5 Tanda-Tanda Harddisk yang Akan Rusak

Waspada! 5 Tanda-Tanda Harddisk yang Akan Rusak - Harddisk merupakan salah satu komponen terpenting dalam komputer / laptop. Karena semua data-data kita akan tersimpan di dalam harddisk termasuk juga sistem operasi yang digunakan. Dapat disimpulkan bahwa tanpa harddisk, komputer tidak dapat dijalankan. Jadi kita harus mengetahui tanda-tanda kerusakan pada harddisk, sebelum kita kehilangan data-data penting kita. Jika harddisk tidak terbaca lagi, maka tidak ada cara lagi untuk menyelamatkan data-data kita.
Pada artikel kali ini kita akan sharing ilmu tentang Waspada! 5 Tanda-Tanda Harddisk yang Akan Rusak. Langsung saja simak 5 Tanda-tanda atau ciri-ciri harddisk yang akan segera rusak.

Inilah 5 Tanda-Tanda Harddisk yang Akan Rusak

tanda-tanda-harddisk-akan-rusak

Biasanya kerusakan pada hardisk disebut dengan adanya bad sector. Kasus bad sector pada hardisk ini bisa diperbaiki (link : “cara memperbaiki bad sector dengan harddisk sentinel”) ada juga jika tingkat kerusakannya sudah parah hardisk komputer harus diganti dengan yang baru. Sebelum memutuskan untuk mengganti harddisk, lebih baik pelajari tanda-tanda harddisk yang mulai rusak berikut ini :

Kinerja Komputer Menjadi Lambat, layaknya terkena virus

Tanda-tanda harddisk yang mulai rusak yang pertama yaitu kinerja komputer menjadi lambat. Ketika komputer sedang booting awal untuk masuk ke operasi sistem Windows akan memakan waktu lebih lama dari biasanya. Sebagian kasus lagi ketika komputer sudah nyalapun kita harus menunggu lama sampai program-program komputer bisa dijalankan. Seharusnya ketika komputer pertama kali nyala untuk melakukan Refresh komputer bisa langsung dilakukan tanpa kendala. Tapi lain lagi jika hardisk sudah bermasalah maka melakukan Refresh komputerpun efeknya akan lambat

Banyak yang mengira hal ini disebabkan oleh virus, namun ketika OS di instal ulang. ternyata hasilnya sama saja! Kemungkinan besar penyebabnya karena harddisknya bermasalah

Banyak File Yang Korup

Banyaknya file yang korup di dalam hardisk kamu bisa jadi indikasi bahwa ada kejanggalan di hardisk dan dapat menjadi tanda-tanda harddisk mulai rusak. Korup yang dimaksud di sini ini bukan korup dari awalnya. Namun sebelumnya file itu baik-baik saja. Tapi ketika terjadi ke error-an dalam hardisk file normal pun bisa korup.

Muncul Bunyi Aneh dari Harddisk

Munculnya bunyi aneh pada harddisk menjadi indikasi kesehatan harddisk menurun dan mulai rusak. Bunyi aneh yang seperti apa? kamu mungkin sudah tahu kalau didalam hardisk terdapat piringan yang akan bekerja untuk proses read/write ketika komputer dijalankan. Ketika hardisk normalpun jika kita dengar dari dekat maka akan keluar suara bekerja dari piringan tersebut. Tapi jika harddisk tersmebut kinerjanya menurun / tidak maksimal lagi, maka akan terdengar seperti bunyi “crek...crek...crek...”.

Terjadi Kasus Hang saat Booting

Tanda-tanda harddisk mulai rusak yaitu sering terjadi hang pada komputer. Jika kamu mengalami komputer atau laptop ketika dinyalakan langsung tiba-tiba hang maka ini adalah tanda-tanda kerusakan pada hardisk. Biasanya kasus hang ini komputer atau laptop akan tertahan pada posisi booting logo vendor dan komputer atau laptop langsung berhenti kinerjanya. Coba cek komputer atau laptop dengan mencabut hardisknya lalu nyalakan lagi. Jika memang komputer atau laptop bisa berjalan dengan normal atau tidak hang maka sudah dipastikan hardisknya bermasalah

Terjadi Blue Screen of Death

Sering terjadinya blue screen pada komputer dapat menjadi tanda-tanda harddisk yang mulai rusak. Sebenarnya ada beberapa penyebab terjadinya Blue Screen of Death. Salah satunya yaitu dikarenakan harrdisk bermasalah. Tapi sebelum menyatakan bahwa yang bermasalah harddisnya, sebelumnya periksa dulu hardware-hardware lainnya seperti RAM. Blue Screen of Death juga dapat disebabkan karena virus / ada program yang crash / error. Untuk mengetahui bahwa hanya ada masalah di program atau ada virus, silakan kamu coba masuk ke Safe Mode. Jika ketika Safe Mode tidak terjadi Blue Screen of Death maka itu tandanya masalah hanya di program atau ada virus. Selain itu kasus Blue Screen of Death bisa juga terjadi karena ada masalah di operasi sistem Windows. Kalau memang ada masalah di operasi sistem solusi satu-satunya adalah dengan menginstall ulang Windows.

Terus apa yang harus kita lakukan jika telah menemui seperti kasus-kasus di atas? Satu-satunya cara untuk menyelamatkan data-data kamu adalah segera mungkin backup semua data-data penting kamu yang tersimpan dalam komputer / laptop. Backup dapat dilakukan dengan media seperti harddisk eksternal, flashdisk, cd/dvd, atau dengan cara backup online lewat website-website yang menyediakan jasa backup online.

Mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan di artikel Waspada! 5 Tanda-Tanda Harddisk yang Akan Rusak. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika banyak kesalahan atau ketidak jelasan, saya cuman manusia biasa yang tak luput dari salah, saya minta maaf yang sebesar-besarnya. Sekian.

1 comment


EmoticonEmoticon